12 Jenis Pendaki Berdasarkan Zodiak

Hae.

Nungguin tulisan terbaru edisi Gunung Pangrango? Tunggu dulu, dari kemarin gue pengen banget nulis tentang hal-hal berbau zodiak yang dikombinasikan dengan pendaki pada umumnya.

APA? ZODIAK? KAN GAK BOLEH PERCAYA ZODIAK!!

Yaudah sik sepele.

I believe that masalah zodiak ini rasanya gurih-gurih nyoi, boleh-boleh-gak-boleh tapi seneng aja kan bacanya?

Kalau bagus ya biasanya diaminin, kayak gini –>> “ih iya! gue banget tuh!”
Kalau busuk biasanya juga pada denial, –>> “ah, gue mah gak gitu keleussss!!”
Tapi jujur deh, justu yang busuk-busuk yang paling bener dan dalam hati teriak kenceng banget, “AH SEMPAK, BENER BANGET!”

Nah, jenis-jenis pendaki berdasarkan zodiak ini gue buat menurut agama dan kepercayaan masing-masing  pengamatan dari temen-temen gue sesama pendaki yang tentunya pernah manjat bareng gue dan juga olah data dari internet.

Jadi sifatnya antara mengada-ada campur ngawang-ngawang. Gak usah dianggep serius.

Okay, langsung saja, ini dia 12 Jenis Pendaki Berdasarkan Zodiak:

PENDAKI AQUARIUS (20 Januari-18 Februari)
Para Pendaki Aquarius ini punya sifat dasar impulsif. Suka tiba-tiba melakukan apa yang dia mau tanpa mikirin nantinya gimana. Jadi, kalau tiba-tiba mau naik gunung, ya dia akan jalan pada saat itu juga. Sifat ini didukung sama wataknya yang cuek, selaw bingit, dan aneh. Tambah-tambah kalau ini Pendaki Aquarius punya golongan darah AB yang emang sifat dasarnya aneh. Hahaha.

Biasanya, pendaki jenis ini bakalan gak peduli meskipun tiba-tiba ada pocong lewat depan mukanya. Tapi, doi itu protek banget sama temen-temennya. Dia bisa jadi defender yang paling diandalkan di rombongan. Taro dia di belakang jadi sweeper dan semua aman serta tenang.

PENDAKI PISCES (19 Februari-20 Maret)
Pendaki Pisces punya sifat dasar yang paling menonjol, yaitu, DRAMA. Yep, ada apa-apa dikit heboh. Mungkin diem, tapi diemnya aja bisa bikin heboh. Misalnya dia ngeliat Ranu Kumbolo yang begitu indahnya, bisa tiba-tiba dia nangis sesenggukan lalu membuat puisi dan dibacain depan rombongannya. Asyiknya, kalau udah kenal, si Pendaki Pisces ini bisa jadi orang paling bawel yang kadang resek tapi pendakian jadi gak sepi, meskipun sifat aslinya agak tertutup.

Oiya, jangan heran kalau tiba-tiba doi punya pandangan mata kosong atau sering daydreaming, doi bukan kesurupan kok, cuma lagi berimajinasi.

PENDAKI ARIES (21 Maret-19 April)
Sifat aslinya Pendaki Aries ini jahil banget. Lumayan jadi anak yang bisa menghidupkan suasana. Hobiya bisa jadi ngecengin orang. Tapi, naro dia sebagai leader juga oke, karena, selain gak takut sama apa pun, doi juga tipikal pemimpin yang baik dan memang pintar. Tentunya, doi bisa nyari jalan dengan sangat baik, bisa bagi-bagi rombongan dengan tepat, dan paling gak, pengetahuannya bisa sangat membantu.

PENDAKI TAURUS (20 April-20 Mei)
Kita bisa menyebutnya sebagai seorang pendaki yang…. pemalas. YUP. MALES. Tapi sifat malesnya ini diiringi dengan sifatnya yang persistent. Jadi, meskipun males, tapi kalau doi udah memutuskan untuk bakal manjat peduli setan sampai puncak, doi bakal sampai puncak. Percayalah. Didukung dengan sifat keras-kepalanya yang luar biasa juga tentunya. Dan, kesabarannya ini juga mendukung persistensinya. Bagusnya, hal ini yang secara gak langsung akan memotivasi orang-orang di rombongan yang kayaknya udah mau nyerah tapi masih mau berusaha.

https://www.instagram.com/p/4LMtBbi-3L/?taken-by=acentris

PENDAKI GEMINI (21 Mei-20 Juni)
Para Pendaki di bawah naungan rasi bintang ini punya energi yang melimpah. Bisa jadi disaat kita semua lagi drop kelelahan, doi masih pecicilan ntah kemana dan jadi penghibur rombongan. Sifatnya yang unpredictable dan curiosity-nya yang tinggi juga kadang-kadang bisa bikin kita shock sama apa yang dia lakukan. Bisa jadi sangat membantu, bisa jadi sangat membahayakan diri sendiri. Selain gampang bergaul dan beradaptasi sama lingkungan sekitar, Pendaki Gemini juga pandai memanfaatkan momen untuk narsis-narsisan. Yoi, mereka memang ngerasa cakep bingit, dan bahayanya… emang beneran cakep. Bhay.

PENDAKI CANCER (21 Juni-22 Juli)
Cancer punya sifat bagus yang sangat membantu teman-temannya dalam rombongan pendakian, dia bakalan jadi orang yang paling setia nungguin temen-temennya meskipun jalannya lelet, suka ngeluh, maupun suka curcol. Tapi pendaki cancer paling cuma akan jadi pendengar setia curhatan kamu. Doi agak susah terbuka dan gak bisa maksain terbuka meskipun kamu maksa-maksa. Agak susah kalau mau modusin doi buat jadi gebetan kamu. Oiya, musti hati-hati kalau becanda sama doi, anaknya gampang sakit hati, mau kamu dijorokin ke jurang?

Lalu…. gue gak tau musti ngomong apalagi tentang Pendaki ini, kan tadi dah dibilang, doi tertutup.

PENDAKI LEO (23 Juli-22 Agustus)
Satu lagi satu jenis pendaki menurut zodiak yang bisa jadi leader di tim rombongan pendakian kamu, yaitu Pendaki Leo. Yoi, sebagai natural born leader, sifat berani yang tertanam di dalam dirinya ini lah yang pantas kita andalkan. Mungkin doi agak gak percaya diri sama kemampuannya memimpin rombongan, tapi, pelan-pelan semua akan sadar kalau doi punya rasa tanggung jawab yang tinggi, punya rasa ingin melindungi temen-temen rombongannya, dan juga loyal. Dan.. narsis juga. Satuin aja sama Pendaki Gemini dan Libra, kelar deh mereka foto-foto doang.

PENDAKI VIRGO (23 Agustus-22 September)
Suka ngatur, perfeksionis, cerdas, planner luar biasa, dan juga observer, adalah sifat dan ciri dasar dari Pendaki Virgo. Kalau Virgo dijadiin pemimpin dalam rombongan, waktu pendakian, jam makan, waktu istirahat, dan keselamatan rombongan bisa dibilang akan dijamin sesuai dengan rencana awal. Kalau pun kepleset dikit, gak akan jauh-jauh banget. Sangat bisa diandakan. Tapi ya gitu, sifat perfeksionisnya bakalan lumayan menghambat kalau misalnya ada hal yang tiba-tiba gak sesuai. Nah, sifat-sifat tadi kalau disatuin jadinya = rempong. Barang bawaan banyak, takut ini, kalau kalau begitu, macem-macem lah.

Jago mikir, menganalisa, dan mengobservasi sekitar bakal bikin rombongannya merasa lebih aman dan bisa ngandelin pendaki dalam naungan bintang Virgo ini. Tapi, musti ati-ati banget, sekali doi ill-feel, udah deh, kamu bakalan di black list dari next pendakian bareng dia.

FYI: gue, adalah contoh nyata Pendaki Virgo. :p

https://www.instagram.com/p/4Qnx31i-z5/?taken-by=acentris

PENDAKI LIBRA (23 September-22 Oktober)
Mau minta jajanan selama pendakian? Minta aja sama pendaki Libra ini. Doi super duper gak pelit, boros, dan.. emang kebanyakan kaya raya. Kalau boleh bawa logistik se-alfamart, mungkin doi bakal bawa. Tapi para tetua pendaki musti banget jagain doi jangan sampe jalan sendiri, pelupa-nya itu loh. Ampun!

Bercanda sama pendaki Libra juga asik, selain santai dan gak gampang tersinggung, rata-rata pendaki jenis ini seneng banget bercanda. Mau narsis bareng? Foto-foto pake tongsis sepanjang pendakian? Ajak bareng lah si Libra, Leo, dan Gemini. Langsung capcuss. Oiya, pendaki Libra juga doyan dandan!

PENDAKI SCORPIO (23 Oktober-21 November)
Jangan sekali-kali bikin Pendaki Scorpio ini marah. Bahaya. Namanya juga kalajengking yekan, selain emosional, mulutnya juga berbisa. Pokoknya jangan bikin doi marah. Bisa jadi kamu digantung di puncak gunung. Tapi, kontradiksinya Pendaki Scorpio adalah doi ini humoris. Yang bakalan bikin banyak ketawa di gunung ya doi. Suseh ye?

Tapi Pendaki Scorpio juga loyal, akan nungguin dan jagain temen-temennya yang udah kecapean, bahkan, rela mati juga buat nolongin temen (deketnya).

PENDAKI SAGITARIUS (22 November-21 Desember)
Independen, extrovert, tukang kepo, tapi empati dan super baik hati, ya itulah Pendaki Sagitarius. Doi bisa sangat menempatkan dirinya di posisi orang lain dan membuat hatinya sangat lembut untuk menghadapi orang sekeras apa pun. Butuh orang buat memotivasi pendaki yang udah kepayahan? Lari ke dia. Butuh orang buat ngademin otaknya leader yang lagi panas? Sodorin dia. Butuh ngademin rombongan yang lagi emosi, serahkan padaNya. Muahaha.

Tapi, pendaki Sagitarius ini 11-12 juga sama pendaki Pisces, sama-sama drama, dan even worst, drama-lebay. Bisa aja doi beneran nangis meraung-raung padahal cuma liat temennya berdarah-darah dikit gegara kegores batu doang. Overall, doi bisa diandalkan, asik, dan lembut hatinya.

PENDAKI CAPRICORN (22 Desember-19 Januari)
Ambisius dan skeptis. Mau punya motivator buat mencapai puncak atau pengen pulang sesegera mungkin waktu di pendakian? Deket-deket aja sama Pendaki dalam naungan zodiak ini. Sifat ambisiusnya bakalan membius kamu dan menekan tombol trigger dalam dirimu. Sifat ambisius ini juga didukung sama sifat keras kepalanya.

Sifat ini juga cocok menjadikan pendaki Capricorn buat pemimpin rombongan. Atau sweeper juga cocok. Meskipun di belakang, doi bakalan ngompor-ngomporin rombongan biar tetap semangat menggapai puncak yang diidam-idamkannya.

 

Jadi, pendaki (berzodiak) jenis manakah kamu?

***
Ingat, zodiak itu sifatnya saling mempengaruhi, jadi misalnya dirimu berzodiak Virgo yang masih deket-deket Leo, bisa jadi sifatmu adalah Virgo keLeo-Leoan. Begitu juga untuk Virgo yang deket-deket Libra. Tapi kalau yang jauh, berarti sifatmu adalah Virgo Tulen.

Ribet, yeh?

Masih merasa kurang pas antara sifat aslimu sama zodiaknya??

Coba kamu taburi garam sedikit, goreng, lalu tiriskan. Selamat menikmati!

Menggawangi Jalan Pendaki. Hidup berselimutkan komedi.

Related Posts

72 Responses
  1. Fitria Sulistyan

    *ARIES* .. bang aceeeen jangan taro aries macam aku ini di depan… satu rombongan bisa seminggu kemudian sampe dipuncak ( 5 menit jalan, 30 menit istirahatnya ) hahahahaaaaaaa.. *ups*

    1. Gun Awan

      hahahahaahaha kok sama kita bang? yang ini kok ga ngakuin bng? "Suka dandan, enggak. Narsis pake tongsis, enggak! :p"

  2. Novrilia Deaputri

    scorpio!!!! hahaahahah banget!! pengen jorokin orang dari puncak rasanya kalo ada yang rempong di gunung :p tapi gak ada scorpio gak rame!

  3. Simply Amazing

    Kalau boleh bawa logistik se-alfamart, mungkin doi bakal bawa. Tapi para tetua pendaki musti banget jagain doi jangan sampe jalan sendiri, pelupa-nya itu loh. Ampun! >>>
    nyindirrr.. -___- akakakakakka

  4. Anonymous

    Leo??narsis?? Harus gw akui klo itu..gw banget..haha.. sengaja paling belakang biar bisa foto2, yg lain udh istirahat di camp, gw baru nyampe gara2…foto2..

  5. wahyu yuwono

    Gua pemalas :(.

    Iya sih, dimana – mana taurus di identifikasi orang yang keras kepala, pemalas, dan sabar.

  6. muhammad akbar

    Saya pisces, emang benar juga yah. Kalau mendaki saya sering suka bikin puisi sendiri ketika melihat ciptaan tuhan yang begitu indah

  7. meskipun tidak diaplikasikan di perihal naik gunung (secara saya bukan pendaki), tapi si Virgo ini merasa tertohok, dikarenakan (hampir sangat) BENAR! …hehehehehehe 😀

  8. Gemini..!!
    punya energi lebih? keknya iya :v biasa nungguin yang pada istirahat, sambil cari2 view yang cakep buat poto2 :3 *pas mau lanjutin jalan, malah sering ngilang, bhahahaa..*

    merasa cakep? NOOO *mungkin dikit* XD
    saya cakep? semoga saya bisa jadi cakep T^T

  9. Devi Rachmawati

    Wah, artikelnya lumayan menarik, ada bener.a, ehh tergantung sikon juga denggg, klo emosi lagi ga bener gmn mau benerin emosi org hehehe 😀
    Klo ada event naik, bisa kali ka infoin siapa tau mau ikut #newbie
    Kangen berpetualang lagiiiii 🙂

  10. PISCESSSSSSSSSSSSSS
    tapi ga gitu juga., klo banyakan ngelamun sih iya., bukannya apa tp lg ngebayangin klo ada bidadari yg jatuh dari langit pas kena muka gw yg lg tiduran.,
    salam sebelas jari.

  11. Anonymous

    wadah..bahanya..gemini..tp yang pasti gw kurang suka berfoto-foto ria dahh klo ga ketemu view yang keren

  12. ika de

    Tapi, musti ati-ati banget, sekali doi ill-feel, udah deh, kamu bakalan di black list dari next pendakian bareng dia.==> bener banget yg ini,gw udh memblack list beberapa orang yg pernah ikut nanjak ama gw karna mereka ga mementingkan keselamatan diri sendiri dan terlalu individual pas nanjak.jelek banget ya sifat gw…

    1. dini mukti

      Bah, iya juga sih. Apalagi Scorpio ini bershio Ular, hahaha. Jadi ya maap aja kalo mulut kadang suka nyinyir dan kalo ada yang nggak disukain langsung manyun.
      Tapi aku beneran humoris, baik hati, tidak sombong, dll
      Nggak rugi deh ngajak aku mendaki pokoknya *malah promosi*

  13. fajar pratama

    gak juga ah bang cen, gue libra tapi gak suka dandan justru cuek, lu percaya apa enggak selama 4 taun terakhir gue nyisir pake sisir cuma 1 kali, oke gue ulang SATU KALI ! *cz rambut gue ikel, disisir apa enggak hasilnya sama* miris banget gue

  14. Dezone Tour Organizer

    ajiiirrrr….. bener bgt tuh scorpio gt . . jadi inget kawan gw scorpio…nolongin someone dan belain gotong dia sampai puncak….dan humoris jg bener… dia doyam mglawak bgt… jd keingetan tmn gw yg scorpio..bener bgt..

  15. Anonymous

    Saya cancer bukan tertutup juga sig tapi karena lagi naik gunung momentnya ya naik gunung ngapain jg curhat haha kayak lg buka praktek. Eh tapi cancer jg gasuka sama org yg kelamaan di perjalanan.gak sabaran haha tp sabar kalau untuk mencintai sih. Bener tuh virgo udah kayak pindahan rumah apa kantong ajaib doraemon bawaannya berasa ngangkut minimarket buseeet

Leave a Reply